Tugas 1

Aplikasi Parkir Non Tunai 


1. Deskripsikan aplikasi Parkir 

2. Identifikasi User dan Stakeholder

3. Tulis/ Gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/ stakeholder

4. Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar


Jawab:

1. Aplikasi Parkir Non Tunai memiliki konsep yang hampir sama dengan konsep pembayaran pada E-Toll, dimana user akan diminta menggunakan kartu elektronik sebagai alat pembayaran, sehingga bisa memudahkan dalam pembayaran. Namun, Aplikasi Parkir Non Tunai juga memiliki opsi pembayaran yang lain yaitu menggunakan QRis sebagai pembayarannya, dengan cara menekan pada layar Aplikasi Parkir dalam beberapa saat akan menampilkan kode QR untuk di scan dengan QRis, dan pembayaran akan dilakukan secara Elektronik.

2. User: Pengendara.

Stakeholder: Pengendara, Petugas Parkir.

3. Kebutuhan User:

- Lahan Parkir

- Pembayaran Non-Tunai

- Optimasi dalam Pembayaran

- Meminimalisir task yang sekiranya tidak dibutuhkan

- Jaminan Keamanan dalam Transaksi

Kebutuhan Stakeholder:

- Laporan

- Optimasi dalam Aplikasi

- Meminimalisir task yang sekiranya tidak dibutuhkan

4. Aspek penting lain supaya aplikasi berjalan dengan semestinya:

- Kebutuhan listrik yang memadai

- Kebutuhan Kecepatan koneksi yang baik

- Pencatat nomor kendaraan dengan baik

- CCTV

- Kebutuhan Kertas Struk yang mencukupi kebutuhan

Comments

Popular posts from this blog

EAS RK-D

ETS RK D